Buku Harun Yahya, Penentang Evolusi Yang Divonis 1000 Tahun Penjara

Siapa Harun Yahya?

Dulu, buku-buku Harun Yahya atau pemilik nama asli Adnan Oktar ini cukup banyak fans-nya, terutama kalangan muslim. Sebab dia adalah seorang muslim yang dengan gigih menentang teori evolusi lewat buku-buku itu. Bagi dia, teori Darwin adalah sumber dari terorisme.

Ia menyampaikan hal itu pada Andrew Marr, wartawan BBC yang mewawancarainya pada tahun 2010, sebagaimana kami kutip dari BBC.

Pria kelahiran Angkara, Turki pada 2 Februari 1956 ini memiliki dua organisasi yang berbeda orientasi. Pertama, Bilim Araştırma Vakfı atau BAV, Yayasan Penelitian Sains yang berdiri tahun 1990. Tujuan organisasi ini adalah mempromosikan kreasionisme.

Kedua,  Milli Değerleri Koruma Vakfı, Yayasan Perlindungan Nasional yang berdiri tahu 1995. Tujuan organisasi ini adalah mempromosikan nasionalisme Turki.

Baik dalam BAV atau Milli Değerleri Koruma Vakfı, Harun Yahya menjadi pemimpin tertinggi, Presiden Kehormatan.

1000 Tahun Penjara

Kemarin, tepatnya tangga 11 bulan Januari 2021, hakim pengadilan Turki menjatuhkan hukuman 1075 tahun penjara. Hakim menetapkan dia bersalah dalam kasus keahatan seksual. Selain itu, melansir dari AFP, dia juga terbukti melakukan penipuan dan percobaan memata-matai pemerintah.

Yahya tidak sendirian. Bersama dia, aparat hukum Turki juga menangkap 236 tersangka lainnya. Hakim pengadilan Turki juga menghukum dua eksekutif di organisasi Harun Yahya, Tarkan Yavas dan Oktar Babuna. Masing-masing mendapatkan hukuman penjara selama 211 dan 186 tahun. Hal ini sebagaimaa kami lansir dari CNN dan Detik.

Buku Harun Yahya

Ada banyak sekali buku Harun Yahya. Menurut website resmi Harun Yahya, ada sekitar total 79 buku yang sudah ada versi Bahasa Indonesia-nya. Sedikit akan kami tampilkan satu buku dia yang cukup terkenal. Buku ini bisa kita katakan sebagai salah satu karya terbesar kreasionisme. Berikut sedikit gambaran buku tersebut:

Atlas Penciptaan

Buku ini tebal sekali. Beratnya 5,5 Kilogram. Buku ini sebenarnya buku serial. Terdiri tiga volume.

Volume pertama terbit pada tahun 2006 dengan tebal halaman sebanyak 800 halaman. Sedangkan volume kedua dan ketiga terbit pada tahun setelahnya, 2007.

Uniknya, buku ini dibagikan gratis. Baik ke sekolah, ilmuan, dan lembaga penelitian di seluruh Eropa.

Banyak yang menganggap isi buku ini ngaur dan tidak masuk akal. Salah satunya adalah biolog Kevin Padian. Dia mengritik keras buku ini dan menyebut bahwa Yahya tidak pernah mengerti bagaimana segala sesuatu berubah seiring berjalannya waktu.

Berbicara soal perjalanan, saya jadi teringat akan salah-satu sewa bus pariwisata terpercaya ini. Tentu, sewa bus jakarta ini sangat membantu Anda dalam perjalanan yang aman, murah, dan terpercaya. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba!

Mari kembali ke pembahasan. Pakar biologi PZ Myers bahkan sampai hafal dan bosan dengan metode penulisan Harun Yahya, serta mengkritik penyomotan gambar tanpa izin. Menurut PZ Myers, Yahya hanya menunjukkan foto fosil dan hewan kemudian mengatakan tidak ada yang berubah. Tidak ada evolusi. Metode ini terus berulang-ulang.

Memang kalau kita melihat backround pendidikan Oktar dia sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan sains yang tinggi. Kumparan mengutip Haberler menyebutkan bahwa Oktar hanya lulusan kademi Seni Rupa Negeri, Istanbul, jurusan desain interior.

Setelah itu dia masuk universitas Istanbul Universitesi. Dia memilih jurusan Filsafat dan Sejarah. Tetapi entah kenapa dia tidak pernah menyelesaikanya.

Dari berbagai sumber

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *