Izhar Artinya Apa?

  • Bagikan
1. Izhar Artinya Apa
1. Izhar Artinya Apa

Izhar Artinya Apa? – Ketika kita ingin melakukan sesuatu, maka kita harus tahu bagaimana cara dan aturan melakukan sesuatu itu. Saat kita mau membuat KTP, memesan makanan, melamar pekerjaan, kita harus tahu bagaimana ilmunya yang benar. Agar kita tidak salah dalam melakukannya.

Hal dasar ini berlaku dalam semua hal, termasuk ketika kita membaca al-Quran. Ada namanya ilmu Tajwid. Sederhananya, ilmu tajwid adalah ilmu yang dipakai untuk membaca lafaz-lafaz al-Quran. Dengan ilmu inilah kita membaca al-Quran.

Jadi kita tidak sembarangan dalam membaca al-Quran. Semua ada ilmunya masing-masing. Apa lagi ini kaitannya dengan firman Allah. Sangat tidak etis bukan jika saat membaca al-Quran kita malah mengabaikan ilmu tajwid dan asal baca semau kita. Yang paling fatal, akibatnya bisa merubah makna dan maksud ayat.

Pada tulisan ini, kita sama-sama akan mencari tahu apa maksud dari izhar dan bagaimana penjelasannya. Cabang dari pembagian hukum nun mati dan tanwin yang satu ini, biasanya dalam kitab-kitab ulama, ada di pembahasan paling awal.

Izhar Artinya Apa Dari Segi Lafaz dan Istilah?

Sebagaimana daman banyak kajian definsi, suatu lafaz sebelum menjadi satu pemahaman yang disepakati (istilah), ia mempunyai makna secara lafzan. Izhar dalam Bahasa Arab artinya adalah jelas (bayan). Bagaimana menurut istilahan?

Menurut istilah, izhar adalah mengeluarkan semua huruf dari tempat keluarnya (makhraj) huruf itu sendiri (Fathul-Aqfal Syarh Tuhfatil-Athfal hlm. 25). Sebagian ulama ada yang menambah definisi izhar. Tambahan itu adalah “Tanpa ada bacaan ghunah.” Dengan mengikuti tambahan ini, berarti takrif izhar adalah mengeluarkan semua huruf dari tempat keluarnya tanpa ada bacaan gunah (dengung). Tambahan ini bisa kita dapati dalam kitab Hidayatul-Qari hlm. 156 atau kitab Nihayatul Qaulil-Mufid hlm. 116.

Jumlah huruf izhar ada enam. Yaitu huruf hamzah, ha’, ain, ha, ghain, dan kha. Enam huruf ini punya tempat keluar masing-masing.

Hamzah dan ha tempat keluarnya ada di ujung tenggorokan. Ain dan ha ada di tengah-tengah tenggorokan. Ghain dan Kha ada di pangkal tenggorokan.

Enam huruf ini harus dibaca dengan jelas dari tempat keluarnya masing-masing, tanpa ada dengung sedikit pun. Jadi saat ada nun mati, ketika kita membaca huruf izhar, nun matinya jelas, dan makhraj huruf enam ini juga jelas.

Kalau mau lebih lengkap, mulai dari penjejasan huruf, tempat keluar, contoh, dll, bisa membaca kelanjutannya di artikel Belajar Tajwid #1: Hukum Tajwid Nun Mati Izhar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *