Tuhfatul Murid PDF Download

  • Bagikan
Tuhfatul Murid PDF
Tuhfatul Murid PDF

Tuhfatul Murid PDF – Terkenal sebagai ahli fikih yang memberi komentar pada kitab Fathul-Qarib al-Mujib, Imam Ibrahim al-Bajuri ternyata punya beberapa karangan yang bertema akidah. Salah satunya adalah kitab Tuhfatul-Murid ala Jauharatit-Tauhid.

Buku setebal 408 halaman ini mengulas dan menjelaskan tiap bait nazam karangan Imam Ibrahim al-Laqani yang berjudul Jauharatut-Tauhid. Imam al-Bajuri menjelaskan tiap bait dengan rinci tanpa ada yang ketinggalan.

Urutan pembahsan dalam buku ini juga mengikuti urutan pembahasan dalam kitab akidah pada umumnya. Penulis mengawali tentang ketuhanan (ilahiyat), kemudian tentang kenabian ( nubuwat), terakhir tentang hal-hal cara mengimaninya hanya melwati hadis atau al-Quran (samiyat/ghaibiyat). Namun tidak hanya behenti di situ, ada juga beberapa tambahan keterangan yang tidak masuk dalam tiga kategori tadi. Seperti pembahasan tentang amar makruf-nahi mungkar, sunah-bid’ah, dan poilitik. Tak lupa, penulis juga memberikan beberapa keterangan yang bertema spritual, atau yang lebih kita kanal dengan istilah tasawuf.

Dengan urutan pembahsan yang sistematis ini, pembaca dapat dengan mudah mempelajari garis besar pembahasan dalam akidah Islam. Sama seperi dalam buku-buku fikih yang biasanya pembashan akan berurutan mulai dari bab tentang ibadah, mu’malah, munakahah, dan jinayat, kitab bertema akidah akan lebih mudah mempelajiranya jika berurutan dari ilahiyat, nubuwat, lalu terakhir samaiyat.

Yang membedakan buku ini dengan buku-buku lain yang memberi komentar kitab Jauharatut-Tuhid adalah penulis tidak hanya fokus membahas poin-pon yang tekandung dalam tiap bait nazam, tetapi juga membahas tiap lafaz, baik dari segi nahwu, I’rab, balaghah, dll. Misal pada halaman 21 saat membahas bait nazam yang menerangkan bahwa orang mukalaf wajib mengetahui sifat yang wajib, jaiz, dan muhal bagi Allah, penulis terlebih dahulu menjabarkan tiap kedudukan dan status tiap lafaz. Apakah huruf fa’ itu berlaku athaf, fasihah, jawab, atau yang lain.

Bahasa yang sederhana dan mudah (jika dibandingkan dengan buku-buku lain yang bertema akida) juga menjadi nilai plus dalam buku ini. Kalau pun ada beberapa bahasa yang sedikit repot, biasanya penulis akan menerangkannya.

Tuhfatul Murid PDF Baca dan Download

Berikut adalah kitab Tuhfatul Murid PDF yang bisa kalian baca dan download:

Tuhfatul-Murid-PDF

Baca Juga:
“Allah Ada Di Mana-mana”; Hukum Mengucapkannya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *